SILAT RAHASIA MAKASSAR

silat rahasia makassar


Assalamualaikum dan selamat siang sahabat-sahabat kokoreang yang paling baik hati rajin menabung dan tidak sombong pastinya,heheheehehe.untuk perjumpaan kita kali ini,saya selaku kokoreang akan membagikan sebuah rahasia besar dari tanah sulawesi yang tepatnya didaerah sulawesi selatan atau siapa juga yang tak menduga jika rahasia ini banyak juga terdapat diseluruh nusantara dari sabang sampai merauke yang sampai saat ini disembunyikan dan tidak ada yang mengetahuinya.

tapi yang jelasnya,kokoreang akan membocorkan dan membagikan rahasia ditanah sulawesi selatan ini mengenai seni beladiri silat rahasia yang tersembunyi dan katanya jurus-jurus yang di milikinya sangatlah berbeda dengan silat pada umumnya atau yang lebih dikenal diseluruh asia dengan sebutan pencak silat,untuk itu marilah kita sama-sama simak untuk mencari tau kebenarannya di sulawesi selatan ini ''makassar'' mengenai keberadaan silat rahasia.
 
Makassar kota yang indah penuh sejarah dan perjuangan.makassar yang dulunya terkenal dengan restoran terpanjang didunia yang diramaikan oleh deretan pedagang kaki lima yang menawarkan hidangannya untuk dicicipi.

makassar di malam yang penuh bintang dengan semangat darah bugis makassar yang memegang teguh sebagi pedoman hidupnya siri’na pac’ce yang artinya harga diri.memang harga diri haruslah dimiliki oleh setiap bangsa dan negara didunia ini agar tak dikangkangi oleh nafsu dan dendam.sejarah adalah tilas balik perjuangan jutaan orang yang harus menenmpuh kemerdekaan penuh darah dan pengorbanan demi anak dan cucu agar tidak cacat dan buta kelak dalam membangun dunia ini yang tak lagi mudah yang ditemani waktu senja menunggu batas akhri perjuangan dunia ini menuju keabadian kekal untuk hidup lagi bersama. 



Silat rahasia dari tanah makassar akhirnya terungkap


Berbicara soal silat rahasia di tanah makassar ini memang tidak terlau dipublikasikan kepada orang orang  luar.biasanya silat rahasia ini diwariskan dari keluarga bahkan ada yang langsung dari warisan dari kerajaan kerajaan di tanah sulawesi.tidak salah lagi kan jika jaman dulu seorang perajurit harus menguasai beladiri sebaik mungkin demi mempertahankan bangsanya.itulah mengapa banyak silat rahasia di tanah sulawesi selatan ini. bukan hanya makassar sih yang memiliki silat rahasia tapi seluruh sulawesi pasti memiliki beragam gerakan serta kuncian yang mematikan untuk melumpuhkan lawannya tersendiri atau bahkan seluruh indonesia itulah perlunya informasi dan sejarah untuk mengetahui asal usul negeri kita sahabat.

salah satu pejuang dari tanah makassar adalah SULTAN HASANUDDIN sang pemimpin kerajaan GOWA yang dijuluki ayam jantan dari timur ini.Beliau ini sangat ahli dalam perang dan manca (silat).tak diragukan lagi sudah berapa banyak lawan yang ditumbangkan oleh beliau. Dan ada juga sahabat beliau ARUNG PALAKKA sang pemimpin kerajaan BONE beliau juga sama halnya dengan sultan hasanuddin.yang piawai dalam seni beladiri dan perang.dari pejuang pejuang inilah sehingga banyak lahir seni beladiri rahasia yang sampai sekarang ini masih diwariskan di tanah sulawesi selatan.sedangkan manca sendiri yang saya tau dari informasi dan sumber sumber yang saya telusuri manca ada 2 yaitu :



Apa itu Manca ?


1.manca baruga (bunga atau silat 40) adalah seni beladiri adat kebudayaan khas suku sulawesi selatan yang biasa dipertunjukkan dalam ajang pameran budaya,pesta dan pentas seni.manca baruga ini terlihat seperti tarian tarian tapi lebih kepada teknik gerakan gerakan yang menjurus,tapi hanya sebagian saja jurus yang diperlihatkan atau yang umumnya saja.tak heran jika anda juga melihat aksi saling tikam badik dan parang dalam pentas tersebut.

bunga itu semacam tarian jurus dalam gerakan manca.oke,kenapa ada silat 40 ? nanti pada artikel selanjutnya kokoreang akan memberi tahu sedikit tentang silat 40 dan gerakannya.


Manca rahasia !


2.manca rahasia adalah seni beladiri yang  tidak dipertunjukan oleh umum.sebagian silat ini banyak juga yang mempelajarinya tapi jarang yang mau dimintai untuk diperlihatkan langsung oleh kita.atau tertutup.


Mengenai manca rahasia


kali ini saya akan membahas secara singkat manca rahasia saja.silat rahasia dimakassar ini memang hanya sedikit orang yang mengetahuinya.itu dikarenakan sulit untuk mencari informasinya tentang keberadaan silat rahasia ini.dan kebanyakan juga yang tau dari tukang tukang becak didaerah makassar ini atau pekerja biasa lainnya beda halnya jika kita bertanya pada orang-orang kota dimkassar biasanya orang  tersebut  juga dari luar sulawesi atau orang tersebut lebih menyukai aktivitas lainnya.

Kenapa banyak tukang becak dan pekerja pekerja biasa yang tau tentang informasi silat rahasia ini ?.yah memang itu dikarenakan mereka tinggal dari desa-desa daerah sulawesi ini dan banyak juga dari pekerja-pekerja biasa diatas dari daerah lain di sulawesi ini.tapi jangan kaget biasanya mereka semua itu memiliki manca  rahasia dari warisan keluarga mereka.


Di kota dan di desa kecil


silat rahasia ini bisa dijumpai dikota makassar ini jika anda beruntung bisa menemukannya dan berdiskusi langsung dengan sang pemilik manca rahasia tersebut.tapi dari berbgai informasi yang saya dapat kita bisa menelusurinya di desa daerah sekitaran daerah gowa dan daerah lainnya disulawesi sedangkan untuk dikota makassar jarang dijumpai.

biasanya yang saya tau didaerah gowa ini silat rahasia tersebut biasanya latihan jam 9 malam tapi itupun harus tidak dilihat oleh orang sekitar atau warga lainnya.latihan mereka tersembunyi dan akan berhenti melakukan aktivitasnya jika ada yang melihat nya.kenapa bisa begitu yah?.yah itu semua karena teknik dan gerakan-gerakan dari silat rahasia tersebut berbeda dengan teknik seni beladiri pada umunnya yang memperoleh pengembangan teknik dan perubahan pola gerakan.


Ujian besar bagi silat rahasia


maaf klo sok tau.hehehehe.katanya dari informasi dari teman saya dimakassar,silat rahasia manca ini jika pengetesannya menggunkan badik asli (senjata khas suku sulawesi selatan) dan parang asli dan harus mau berduel secara langsung dengan lawan tapi pada malam hari.jika salah seorang murid sudah menguasai dengan baik teknik silat rahasia ini.

seorang murid tersebut harus datang sendriri pada malam hari kerumah san guru sesuai jam yang ditentukan oleh sang guru untuk siap dihadang dijalan tanpa pengetahuan sang murid.yang akan diserang oleh banyak orang yang siap menyerangnya baik itu menggunkan tangan kosong atau menggunkan senjata sekalipun dan masih ada lagi katanya tes yang menguras mental sang murid tentunya. kata teman saya ini. 



Kesimpulan


Dengan informasi dari teman saya ini tentunya silat rahasia ini tidak main main dalam mengajarkan muridnya tentang teknik yang akan diajarkan ini.tapi mungkin sangat banyak lagi diluar dari tanah makassar ini silat rahasia yang belum banyak orang mengetahui keberadaannya atau mungkin hanya sebahagian kecil saja.untuk mencari tau lagi tentang keberadaan silat rahasia ini agan bisa mencari tau sendiri didaerah agau atau tanyakan kepada teman atau keluarga agan siapa tau dapat informasinya apalagi kalo agan bisa mempelajarinya.nanti bisa kayak bang pitung.

Oke sekian informasi dari kokoreang.semoga bermanfaat dan menambah lagi ilmu pengetahuan kepada sahabat-sahabat semuanya tentang seni beladiri silat yang satu ini dan pastinya telah melegenda dan tersebar diseluruh dunia,dan buat sahabat semuanya silahkan deh mulai dari sekarang untuk selalu semangat berlatih dan jadikan semangat yang sahabat miliki sekarang ini untuk dibangun secara kuat dengan mental dan keyakinan untuk diri sahabat sendiri agar semangat tak gampang padam dan selalu tetap berkobar dijiwa kita selamanya oke,REWAKO DUNIA,hehehee see you next time..............................                    

3 Responses to "SILAT RAHASIA MAKASSAR"

  1. Salam sipakatau.beladiri rahasia jg byk di selayar.bahkan di selayar yg menjadi guru.byk org cina.salam dr anak Tata TEKKO.

    ReplyDelete

Dimohon dengan sangat agar sahabat Kokoreang berkomentar dengan tutur bahasa yang sopan serta tidak menyertakan link aktif atau spam pada kotak komentar (komentar akan dihapus),mohon untuk perhatiannya sahabat.hehehehehe.