Bagaimana cara melatih GERAK REFLEKS?

Assalamualaikum sahabat dan selamat sore,sahabat-sahabat kokoreang yang baik hati,rajin menabung,tidak sombong,sayang sama ibu ayah dan rajin dalam beribadah. hehehehehe.akhirnya saya mempunyai kesempatan juga untuk memulai kembali menulis di blog ini dan tak terasa juga yah sahabat sekarang sudah masuk di tahun 2016.tepatnya sekarang saya menulis artikel ini di bulan februari tanggal 3 hari rabu ,jam 4 lewat 20 menit sore waktu indonesia bagian tengah,hehehehehe.

oh iya sebelum kita lanjut sahabat, kokoreang hanya ingin mau menyampaikan kepada sahabat-sahabat semua mengenai komentar dan penyampaian sahabat, silahkan sahabat sampaikan apa saja ingin dikatakan entah itu melalui kotak komentar disetiap akhir postingan atau melalui kontak pada blog kokoreang. silahkan deh sahabat tanyakan kepada kokoreang entah itu berupa keritik dan saran sahabat.

dan sahabat juga bisa menjumpai kokoreang di akun sosial media dengan hanya mencari kata ini saja,bukan kata ''ini saja'' yah tapi kata ''kokoreang'' silahkan sahabat, cari dan temukan kokoreang dan sahabat bisa menanyakan kokoreang sesuka hati dan inshallah kokoreang akan memberikan setiap dari pertanyaan sahabat oke. dan temukan juga ada banyak hal-hal mengenai seni beladiri yang telah saya berikan diblog ini dan ada beberapa juga diakun sosial media saya yang telah saya bagikan.

Dan jangan lupa sahabat untuk memanfaatkan juga menu navigasi yang ada dalam blog ini untuk membantu sahabat-sahabat semua dalam mencari artikel-artikel yang ingin sahabat baca. Silahkan manfaatkan navigasi pencarian untuk lebih cepatnya mencari artikel sahabat dan temukan juga dalam daftar isi blog ini sahabat. Jika sahabat ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru dari kokoreang, silahkan sahabat berlangganan gratis selamanya tanpa dipungut biaya melalui kotak email gratis diakhir postinga yang bsia sahabat lihat.

Cara untuk melatih gerak refleks dengan sederhana dan praktis serta mudah untuk dilakukan


Nah baiklah sahabat-sahabat kokoreang semuanya,setelah sahabat membaca mengenai pemberitahuan-pemberitahuan yang saya berikan tadi yang sangat-sangat spektakuler dan cetar membahana serta fantastis bingit (dasar alay,hehehehe). atau mungkin juga sahabat tidak sama sekali membacanya atau belum, yah tidak apa-apa kok sahabat. itu terserah dari sahabat sendiri mau membacanya atau tidak dan kita akan tetap masih melanjutkannya kok untuk pembahasan kita kali ini.hehehehehee. baiklah yuk sama-sama kita lanjut saja yah sahabat tentang cara melatih gerak refleks yang baik dan benar atau cara gampang melatih gerak refleks

baiklah tanpa basa dan basi lagi,saya akan menepati janji saya kepada sahabat semuanya.mengenai MELATIH GERAK REFLEKS,yang sebelumnya saya janjikan di artikel sebelumnya (melatih power pukulan ).silahkan sahabat baca untuk lebih jelas dan lengkapnya lagi,agar sahabat tidak penasaran dan bertanya-tanya.oke

Gerak refleks yaitu gerak yang kita lakukan tanpa disadari dengan adanya gerak respon dari tubuh kita setelah adanya rangsangan.biasanya gerakan ini terjadi saat sahabat kemasukan kotoran dimata dan tersendut api dan hal yang akan dilakukan tubuh saat meresponnya dengan refleks,adalah tangan akan dengan sendirinya tergerak karena terjadinya respon otomatis dari rangsangan yang diterima oleh tubuh.

Gerak refleks dapat kita latih dengan cara melatih sensor motorik kita dengan melakukan pengulangan dari segi gerakan seni beladiri yang kita lakukan.maka dengan otomatis latihan yang dilakukan akan keluar dengan sendirinya saat anda melakukan pola serangan dan pertahanan karena pada intinya anda sudah terbiasa melakukan gerak tersebut.

Respons otomatis


adalah apa yang kita latih untuk pengembangan dalam hal seni bela diri. Semua bela diri didasarkan pada kekuatan, kecepatan, serta tindakan yang dilatih dengan benar yang dirancang untuk menyelamatkan kita dari bahaya dan kehidupan kita. Kita semua lahir dengan beberapa naluri survival  ke dalam diri kita, ini reaksi otomatis untuk bahaya yang sering disebut sebagai refleks. Sayangnya tidak semua refleks, atau tindakan yang terjadi tanpa adanya berpikir, sehat atau aman.namun,berlatih seni bela diri bertujuan untuk mengembangkan Responses otomatis, tindakan refleks kecepatan yang telah dipikirkan dan teruji untuk keselamatan.

Contoh reaksinya :


Contoh :reaksi alami terhadap bahaya adalah kaget. Ketika seseorang merasa bahwa dia akan terkena bahaya, baik di tubuh atau wajah, atau menderita beberapa bentuk rasa sakit tiba-tiba,maka ia akan melakukan gerak refleks secara alami,misal menutup mata,kaget dan menghindar jauh dari sumber bahaya atau rasa sakit. Sayangnya ini berarti bahwa, dalam hal perkelahian, kita sering menjumpai lawan yang akan menyerang kita pada bagain mata,kemaluan dan area kepala yang rawan akan terjadinya benturan entah itu dari segi serangan,benda-benda lainnya.

Dengan memicu tindakan refleks kita ini merupakan bagian penting dari rencana si penyerang terhadap kita untuk merasakan sakit.Belajar untuk membela diri berarti belajar untuk mengganggu rencana dari lawan ke kita.agar kita bisa selamat dari bahaya.

Dengan terbiasanya kita untuk berlatih maka otomatis akan menjadi gerak bawaan secara alamiah yang akan mengikuti setiap pola teknik atau gerakan kita menjadi respons otomatis untuk menghindari akan terjadi suatu bahaya ke kita dan tau tempat dimana semestinya kita berada dan kewaspadaan.

Cara untuk melatih gerak refleks

Bagaimana cara melatih gerak refleks ?.

Nah untuk melatih gerak refleks sahabat,caranya cukup simple kok,woww.hehehehehe silahkan simak cara dibawah ini,untuk membantu sahabat melatih gerak refleksnya,silahkan simak dengan cermat agar lebih jelasnya lagi.dari apa yang kokoreang berikan hehehehe.

Ulangi terus


1.ulangi terus apa yang telah anda ketahui semuanya,yah,hehehe jangan malas untuk latihan kalau  perlu sampai dirumah ulangi lagi yah sahabat,tapi jangan dihapal tapi dipahami dengan benar,supaya gerakan kita dan gerak refleks seimbang.kita ulangi teknik tangkisan biar benar,tendangab,pukulan,bantingan,kipasan dll.kan percuma dong punya 1000 jurus tapi di pelajarinya hanya sekali.eittsss kok kayak kata-katanya om BRUCE LEE.hehehehehehe

(diskusi sama pelatih,teman-teman dan cari informasi tentang teknik yang sedang saat pelajari).

sparring


2.biasakan sparring partner dengan sahabat anda,untuk membiasakan anda melakukan serangan secara bervariasi menggunkan pertahan (tangkisan,menghindar dan mewaspadai gerak serang).

Menggunakan sansack


3.latihan menggunkan media sansack atau menggunakan cermin untuk melihat wajah sahabat yang ganteng bingit,hhehehehe sansack untuk mebiasan serangan anda dan membiasakn tekanan serangan anda keluarkan semua gerakan yang anda ketahui untuk menyerang sansack,tapi dengan bertahap yah sahabat jangan ter ubur - ubur ( terburu-buru).

kemudian media menggunakan cermin,untuk melatih mata anda dalam melihat bayangan anda dalam cermin (body move) pengganti lawan sparring partner sama halnya dengan shadow boxing.(kacanya jangan dipukul yah sahabat).

Penggunaan benda


4.menggunakan bola tenis lapangan atau bola kaki,basket,volley apapun itu yang bisa mantul dan berbentuk bulat.gunakanlah bola tersebut untuk melatih tangkapan anda.untuk melatih terbiasanya mata melihat apapun yang muncul dihadapan anda.pantulkan bola tersebut ketembok dan tangkap bergantian dengan tangan kiri & kanan untuk bola berukuran kecil (tennis).untuk bola berukuran besar lempar kedua tangan kedepan.hehehehe maksud saya lempar bola tersebut menggunkan kedua tangan.

Cara melakukannya :


a.lempar dengan menaruh tangan terbuka menghadap kedepan.lempar kearah dinding kemudian tankap kembali pas dengan arah ulu hati dengan tangkapan tangan terbuka.untuk jarak lemparan terserah anda.dengan jangkauan laju bola tepat kembali kearah anda (untuk awalan jangan lempar terlalu keras sehingga anda merasakan sakit ).

Bagaimana cara melatih gerak refleks ?.

b.lempar dari arah dada anda.sama halnya dengan cara bagian (a.) diatas

c.lempar dari arah depan wajah anda.sama halnya dengan cara bagian (a.) diatas.ingat untuk bagian wajah jangan lempar bola dengan keras.lakukan dengan cara bertahap.jika sahabat sudah terbiasa dengan arah laju bola,sahabat bisa menambah kekuatan lemparannya.

untuk lebih maksimalnya lagi.lakukan variasi lemparan dari berbagai arah lemparan dengan variasi a,b & c.cara lemparan bola ini merupakan cara yang peraktis untuk melatih refleks sahabat.

jangan lupa yah sahabat untuk berlatih dan terus berlatih.olahraga itu murah dan menyehatkan loh hehehehe dan latihan itu bukan untuk kemarin,hari ini esok saja tapi untuk sterusnya dan selamanya jangan mau dikalah sama nenek dan kakek sahabat yang gemar berolahraga.sekian dulu yah sahabat - sahabat kokoreang.semoga saja apa yang kokoreang berikan dapat bermanfaat untuk kita semuanya dan menambah pengetahuan kita lagi sama-sama amin.see you next time....

0 Response to "Bagaimana cara melatih GERAK REFLEKS?"

Post a Comment

Dimohon dengan sangat agar sahabat Kokoreang berkomentar dengan tutur bahasa yang sopan serta tidak menyertakan link aktif atau spam pada kotak komentar (komentar akan dihapus),mohon untuk perhatiannya sahabat.hehehehehe.