7 Cara Melatih Power,Kecepatan,Kelincahan Kaki Dan Tendangan

Assalamualaikum dan selamat sore sahabat-sahabat kokoreang yang baik hati, tidak sombong, rajin menabung, sayang sama ibu ayah dan yang pastinya selalu dan selalu rajin dalam beribadah serta berbuat kebaikan, aamin. hehehehe, Oke baiklah sahabat untuk perjumpaan kita yang kali ini saya selaku kokoreang akan kembali lagi untuk membagikan seputar hal-hal yang menarik serta pengetahuan kita sama-sama akan dunia Martial Arts dan alam sekitarnya.

Dan sesuai dengan judul kita yang diatas yah sahabat, untuk itu mari kita mulai dengan hal-hal yang sederhana dan simpel serta tidak memperlukan modal untuk melatih power,kecepatan dan kelincahan kaki sahabat dalam melakukan pola gerak serangan, hindaran dan langkah-langkah dalam bentuk footworking.

Cara paling mudah untuk melatih tendangan dengan sederhana


Untuk itulah disini saya akan memberikan berbagai metode dan cara simple melatih ketiga hal diatas untuk membantu sahabat, dan apa saja persyaratan dan kriteria yang harus sahabat penuhi untuk melakukan aktivitas latihan ini, semuanya yang dibutuhkan adalah semangat dan kerja keras dan untuk kriteria, sahabat harus sehat, kalau sakit yah sahabat harus memulihkan kondisi sahabat dulu dan beru deh boleh untuk latihan lagi. hehehehe.

7 Cara Melatih Power,Kecepatan,Kelincahan Kaki Dan Tendangan

langsung saja berikut ini langkah-langkahnya dibawah untuk membantu sahabat dalam mengembangkan power,kecepatan dan kelincahan kaki serta tendangan yang akan kita latih, silahkan sahabat-sahabat kokoreang baca dan simak yang dibawah dengan teliti dan penuh penghayatan agar mudah untuk dimengerti dan dicerna. hehehehe candee ajelah atoook.
Cara-cara untuk melakukannya :

1.Menggunakan Ban bekas


Ban bekas yang saya maksud disini ialah ban mobil yang sudah tidak dipakai lagi, jangan pernah ambil ban mobil orang atau ban-ban yang bukan milik sahabat. hehehehe. nah untuk selanjutnya jika sahabat tidak memiliki ban ini sahabat bisa membeli di tukang penjual ban bekas, biasanya ditukang loak atau di tempat tambal ban, atau sahabat juga bisa mencarinya di tetangga, ditempat pembuangan sampah dan di bengkel-bengkel.

Setelah sahabat punya atau sebelumnya sahabat telah memilikinya, silahkan mulai dengan latihan lompat kecil sambil memutar pinggul kanan dan kiri dengan kaki mengikuti setiap pergerakan tangan sahabat, serta jangan lupa ambil posisi kedua tangan dibawah dagu, lakukan juga hal ini dengan cara menempatkan kaki sahabat didepan dan dibelakang kemudian lompat-lompat kecil, seperti cara yang tadi.

Jangan lompat tinggi yah, nanti sahabat jatuh, hehehe, untuk lebih mempermudah sahabat, sahabat bisa melihat contoh biasanya dari sang praktisi Muay Thai dan Boxing dalam penggunaan metode ban bekas. untuk dari segi ban pilih ban yang kecil saja sahabat (ban luar mobil bukan ban dalam). Cara ini sangat ampuh dan praktis untuk melatih kelincahan dan kecepatan footworking. lakukan hal sederhana ini untuk membuat tubuh maaf gemuk sahabat menjadi lebih ideal lagi atau untuk menurunkan berat badan sahabat jika memiliki tubuh yang overweight.

2.Latihan dilaut


Wah,wah wah latihan dilaut apa, jika sahabat ingin membuat tendangan sahabat semakin kuat dan memiliki power diatas rata-rata hehehe. atau ingin melakukan kecepatan tendangan, sahabat bisa melakukan metode ini karena massa dari air laut akan menekan daya dari tubuh sahabat, sehingga setiap gerakan yang sahabat lakukan di dalam air akan lebih berat dibandingkan dengan gaya luar dengan adanya gravitasi itu sendiri.

Apalagi dengan menggunakan media latihan didalam kolam air tawar yang justru lebih berat massa airnya dibandingkan air laut yang mengandung garam. kenapa harus air laut sih ?, bukan air tawar saja, yah salah satu faktornya ialah karena praktis dan gratis, dibandingan harus kekolam renang tapi harus bayar minimal 15.000 kecuali jika sahabat punya kolam renang sendiri dirumah.

Cara ini merupakan cara yang paling praktis dan simpel untuk membuat lebih kekuatan kaki dan kecepatannya serta dapat membuat massa otot paha otomatis akan lebih besar. coba deh sahabat lihat perenang-perenang. dan coba sahabat suruh dia melakakuan tendangan, pasti tendangannya akan sangat memiliki power dan daya yang kuat serta kecepatannya pun tak perlu sahabat lakukan.

Makanya sahabat mesti renang juga, lakukan seperti apa yang sahabat dapatkan dari guru sahabat dulu waktu belajar renang, yang penting sahabat bisa deh renangnya, dan yang ingin kita capai disini adalah bukan hanya gerakan ini saja tapi kita ingin memaksimalkan gerak dari tendangan kita sesungguhnya.

Keseimbangan


Lakukan gerakan dengan sahabat berdiam didalam air setinggi pinggang dan diatas ulu hati sahabat. terus gerakkan kaki kanan sahabat kesamping seperti akan melakukan tendangan samping, tapi yang sahabat lakukan adalah dengan cara buka tutup kaki kanan sahabat, lakukan cara ini sampai 10 kali dan kaki harus lurus kesamping. lakukan hal yang sama dengan kaki kiri.

Dan untuk cara yang lainnya sama saja, dengan buka tutup atau naikkan kaki sahabat kedepan seperti tendangan lurus kedepan. angkat perlahan hingga lurus kedepan lakukan hal yang sama dengan kaki yang kiri. sama hal dengan tendangan kebelakang pun sama saja, dengan sahabat cukup menendang kebelakang secara perlahan kemudian lurus kan kaki. untuk ketiga cara samping,depan dan belakang lakukuan sebanyak 10 kali semuanya. karena untuk permulaan ini adalah suatu cara ampuh dan simpel membuat keseimbangan sahabat akan terlatih saat akan menenbang sasaran dengan tepat tanpa adanya kaki yang akan terpelincir saat melakukan tendangan.

Serangan kekuatan dan kecepatan


Setelah sahabat melatih keseimbangan gerak kaki, sekarang kita masuk ketahap paling menyenangkan dan sekaligus membuat kita capek secapek capeknya. hehehehe. untuk cara ini hal pertama yang harus sahabat lakukan adalah dengan cara membuat tendangan sekeras dan secepat mungkin yang sahabat bisa untuk melakukan tendangan didalam air dengan berbagai cara.

Lakukan tendangan dari samping kedepan, dari depan, kesamping, dari belakang dll, lakukan sebisa mungkin dan jika sahabat ingin melatih tendangan yang lainnya silahkan saja sahabat lakukan, untuk awal lakukan sebanyak 10 kali tendagan saja untuk setiap kaki kiri dan kanan harus imbang sahabat. silahkan sahabat ulang-ulang cara ini. untuk melakukan ini sahabat bisa kelaut seminggu sekali atau ke tempat kolam renang seminggu sekali atau terserah deh dari sahabat, dan tunjukkan kreatifitas sahabat dalam berlatih tendangan sendiri oke.

3.Menggunakan lumpur


Sahabat bisa menggunakan metode ini untuk melatih kecepatan dan kelincahan kaki sahabat dalam melakukan gerak langkah atau footworking, dimana saya harus mendapatkan lumpur ? sahabat bisa mencari empang, sawah (yang sudah panen) jangan merusak padi orang yah, hehehehe, atau sahabat bisa membuatnya sendiri dengan mencari wadah seperti bolongan ban tidak perlu lebar. cukup seukuran kaki sahabat saat siap atau selebar bahu saja.

Kalau perlu buat sebuah wadah ditanah sahabat bisa menggalinya dan kemudian mencampurkan tanah merah atau tanah yang seperti tanah liat yang dicampur air kemudian sahabat bisa langsung mengaduknya dengan kaki dan langsung berlatih dengan cara melakukan gerak lari kecil ditempat diatas lumpur,melompat-lompat kecil dengan dua kaki, satu kaki secara bergantian. gimana simpel kan caranya sahabat.

Buat atau cari lumpur yang setinggi mata kaki atau pertengahan dari betis sahabat, karena kalau tinggi juga malahan sahabat nantinya tidak bisa bergerak, hehehehe. Hati-hati apabila berlatih pada suatu lumpur yang dalam, nanti sahabat bisa tenggelam untuk mengantisipasinya sahabat bisa mengambil kayu atau bambu yang panjang kemudian masukkan bambu atau kayu tersebut kedalam lumpur untuk mengukur kedalaman lumpur tersebut dan jangan juga masuk kedalam lumpur hidup hati-hati !!!.

4.Pengait kaki


Menambah power dan kecepatan, yah cara ini memang terbilang sangat praktis tanpa perlu modal sama sekali, cukup dengan sahabat mengambil sebuah karet ban dalam bekas. kemudian sahabat buat jadi tali terus buat juga sampul berbentuk lingkaran untuk mesukkan kaki kita nanti, dan setelah sahabat membuat sampul lingkaran silahkan deh sahabat ikat disebuah tiang atau peyangga lainnya untuk menahan gerak laju kaki sahabat.

Setelah selesai silahkan sahabat masukkan kaki sahabat yang satunya kedalam lingakaran tadi, tempatkan punggung kaki mengenai tali,kemudian tarik kaki sahabat kedapan hingga lutut menjadi lurus. lakukan tarikan sebanyak 30 kali dan lakukan untuk kaki sebelah lainnya ,seimbangnkan antara kaki kiri dan kanan oke, sahabat.

5.Perbanyak lari


Lari-lari dan lari hehehe, perbanyak lari sahabat untuk melatih kelincahan,gerak langkah dan kecepatan, hal ini bertujuan akan menambah massa otot pada paha dan tentu power pun akan semakin kuat. cara ini memang sangat-sangat praktis dengan hanya berlari entah itu lari kecil atau lari maraton.hehehe sebaiknya dalam lari jangan terlalu memaksakan kondisi sahabat, jika memang lelah buat pelan ritme lari sahabat, dan jika memang sudah lelah jalan lah dengan santai dan atur nafas sahabat. tarik nafas panjang dari hidung kemudian hembuskan lewat mulut perlahan dalam 10 hitungan.

Nah setelah dalam kondisi lakukan jalan santai saja sampai pulang kerumah.oke. jangan paksakan kondisi berlarilah santai jangan lari seperti dikejar Anj*ng, hehehehe gimana simpel kan sahabat cara ini dan mudah banget untuk dilakukan hehehe. jangan lupa untuk sering-sering lari pagi. karena udara sehat menantimu.

6.Lompat-lompat


Simpel,praktis,kelincahan dan kecepatan langkah. hal ini paling sering dan banyak dilakukan oleh orang-orang karena itu tadi caranya mudah, silahkan sahabat lompat-lompat kecil ditempat, lompat dengan satu kaki secara bergantian dan lompat dengan dua kaki, adapun dengan cara lain adalah denga lompat tali atau skipping. yang sangat mudah untuk membakar kalori.

7.Pemberat kaki


Kecepatan, kelincahan dan power mengapa begitu karena cara ini terbilang yah cukup praktis lah untuk melakukan latihannya serta tujuan langsung dari ini adalah dengan kita menambah massa berat pada kaki dan otomatis akan membuat daya tungkai pada keseluruhan kaki akan terasa lebih ringan dan penuh tenaga.

Untuk cara yang satu ini sahabat bisa menggunakan alat yang bernama Ankle Weight untuk pemberat kaki yang biasa diikatkan pada pergelangan kaki cara ini untuk penggunaanya hampir sama dengan pemberat kaki pada umumnya ditempat fitnes atau penggunaan pengait kaki tapi, dengan kedua cara ini sahabat tidak bisa membawanya jalan-jalan keluar rumah, berbeda halnya dengan penggunakan ankle weight yang dapat sahabat bawa kemana-mana.

Ukuran pemberat kaki / ankle weight


Untuk beratnya  2 Lbs - 10 Lbs ( 1 Lbs = 0,4539 Kg ), 4 - 5 LBS / pound dan  10 – 15 LBS (lebih), untuk awal sahabat bisa memilih 4 - 5 LBS dan tahap lanjut 10 - 15 LBS ,terserah dari sahabat untuk memulainya bisa dengan tahap yang kecil dulu dalam beratnya. untuk harganya tergantung dari merek dan beratnya untuk dari berat 0,5 kg atau 2 - 10 LBS kira-kira diatas 50 ribuan lebih. deh dan untuk lebih jelasnya lagi silahkan sahabat ketokoh olahraga.

Cara latihan menggunakan ankle weight


Cara latihan ini sahabat bisa melakukannya dengan cara menendang seperti pada biasanya tendangan kesamping,depan,belakang dll, sahabat bisa melakukan sesi gerakan satu dan lainnya antara kiri dan kanan ialah 100 kali serangan tendangan. dan tau tidak sahabat jika menggunakan ankel weight ini dapat juga menambah masa jenjang dari kaki sahabat atau menambah tinggi badan lah, dan begitu maka untuk jangkauan tendangan akan semakin stabil sahabat juga bisa membawa alat ini untuk berlari-lari.

Tapi jika ingin membuatnya lebih praktis sahabat bisa menggunakan cara pengait kaki dengan ban dalam dan pemberat kaki dengan ban dalam juga seperti di tempat gym di jalan-jalan tunggu artikel berikutnya saya akan mengajarkan sahabat untuk membuat kedua alat sederhana ini.oke.

Nah baiklah sahabat itulah tadi ke-7 cara yang sangat simpel dan praktis tersebut yang bisa sahabat latih untuk kaki dan tendangan sahabat-sahabat oke, dan jangan lupa juga untuk tetap semangat dalam latihan dan rutin - rutin yah sahabat jangan malas, saya kira itu saja sahabat semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita sama-sama oke, serta kita akan lanjut lagi dalam artikel-artikel menarik berikutnya,hehehehe see you next time......\m/......

0 Response to "7 Cara Melatih Power,Kecepatan,Kelincahan Kaki Dan Tendangan"

Post a Comment

Dimohon dengan sangat agar sahabat Kokoreang berkomentar dengan tutur bahasa yang sopan serta tidak menyertakan link aktif atau spam pada kotak komentar (komentar akan dihapus),mohon untuk perhatiannya sahabat.hehehehehe.